Kultum Kewajiban Kita Terhadap Keluarga

Selasa, 17 Juli 20120 komentar


Kewajiban Kita Terhadap Keluarga.
Pada kesempatan kultum kali ini saya akan mengkaji atau membahas tentang kewajiban kita terhadap keluarga.
Keluarga merupakan lingkungan pertama dalam kehidupan kita. Dimana kita lahir dan besar dilingkungan keluarga. Didalam keluarga antara lain terdapat ayah, ibu, anak dan anggota keluarga yang lain. Diantara anggota keluarga harus ada perilaku salimg menghormati dan menghargai satu sama lain  baik dalam sikap, ucapan ataupun perbuatan yang menyenangkan dan berfaedah.
Ø Antara suam dan istri : suami dan istri harus memenuhi hak-hak pasangannya dengan memjalankan kewajiban- kewajibannya sesuai kedudukan masing-masing dengan tulus ikhlas.
Ø Antara orang tua dan anak : orang tua berkewajiban membesarkan dan  mendidik anak dengan baik dan anak juga harus menghormati dan menghargai apa yang telah diberikan oleh orang tuanya dengan tulus ikhlas.
Ø Antara sesama anggota keluarga yang lain: kewajiban kita terhadap saudara-saudara kita yang lain adalah harus saling menghormati dan menghargai serta saling menyayangi.
Rosululloh SAW bersabda:

Artinya: “ keridhoan alloh tergantung pada keridhoan orang tua dan kemurkaan alloh tergantung pada kemurkaan orang tua” HR Turmudzi
Berlandaskan hadits diatas maka berbakti kepada orang tua menjadi kewajiban seorang anak. Disamping itu kedua orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam kehidupan anak, dari sejak dalam kandungan sampai seorang anak dewasa. Oleh karena itu kita wajib menghormati dan menghargai orang tua dengan cara berbakti dalam bentuk sikap. Tutur kata dan perbutan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi keduanya.
Melaksanakan perilaku dan perbutan tersebut akan mendatangkan manfaat yang besar bagi anak,sebagaimana yang terdapat dalam hadits tersebut yaitu akan mendatangkan ridho Alloh dan akan mendatangkan kebahagiaan baginya, sebagaimana sabda nabi Mohammad SAW:

Artinya: “barang siapa yang berbakti kepada orang tua, maka berbahagialah ia dan Alloh akan menambah kebahagiaan dalam hidupnya”. HR Abu Ya’la dan Thabrani.
Sikap berbakti kepada orang tua ditunaikan oleh anak sewaktu orang tua masih hidup maupun orang tua sdah meniggal dunia dengan cara:
Ø  Jika orang tua masih hidup
1.     Bersikap lemah lembut terhadap mereka dan jangan sampai bersikap yang dapat menyakiti hatinya.
Alloh  SWT berfirman :





Artinya: “Dan hendaklah kamuberbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkatan “AH” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkatan yang mulia.” QS. Al Isra:23
2.    Apabila diperintah oleh mereka harus melaksanakan dengan sebaik-baiknya dan harus bersikap ikhlas, selama tidak diperintahuntuk melaksanakan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran islam
3.    Kita harus menghormati dan menghargai kedua orang tua kita.



Ø Jika orang tua kita sudah meninggal
1.    Melaksanakan sholat jenazah, bila menemui waktunya
2.    Mendo’akan setiap saat agar diterima amal sholehnya dan diampuni dosanya.
3.    Melanjutkan hubungan silaturahim dengan orang-orang yang dekat dengan kedua orang tua kita
4.    Melaksanakan amanah orang tua yang belum dilaksanakan

Demikianlah teman-teman materi kultum yang dapat saya sampaikan tentang kewajiban kita terhadap keluarga. Yang pastinya dalam menyampaikan kultum banyak terdapat kesalahan untuk itu saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada bapak Haditoyo selaku dosen mata kuliah AIK dan kepada teman-teman semua.
Saya berharap kita semua dapat mengambil hikmah yang positif dari kultum yang saya sampaikan. Berbaktilah kepada orang tua terutama ibu kita karena surga ada ditelapak kaki ibu. Hormati dan saling menghargailah didalam limgkungan keluarga. Serta ridho dan murka Allah adalah ridho dan murka orang tua kita. Dimanapun kita berada maka sesungguhnya kita akan kembali kerumah atau keluarga kita juga.



Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Johan Budi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger