RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Kebumen
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
XI/ I
Alokasi Waktu :
2 X 45’
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia.
Kompetensi Dasar : Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan dan kalimat dalam konteks bekerja.
Indikator :
·
Mengelompokkan kata, bentuk kata,
ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata.
·
Mendaftar kata-kata yang berpotensi
memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan.
·
Mengidentifikasi kata (termasuk jenis
kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya
(diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi.
·
Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat
atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya
(diterima/ditolak) berdasarkan kaidah atau kelaziman.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1. Siswa
dapat mengelompokkan kata berdasarkan bentuk dan kategori/ kelasnya serta
menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya.
2. Menerapkan
kaidah penyeapan kata asing ke dalam bahasa Indonesia secara meluas dan
mendalam.
3. Mendaftar
kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim lalu mencari sinonimnya serta
mengidentifikasi perbedaan nuansa makna atau kolokasinya secara meluas dan
mendalam.
4. Mendaftar
kata-kata yang berpotensi memiliki antonim dalam teks bacaan lalu mencari
antonimnya secara meluas dan mendalam.
5. Mengidentifikasi
kata bentukan (termasuk bentuk kata baru) yang dipersoalkan kebenaran/
ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah
serta kelaziman secara meluas dan mendalam.
Pertemuan ke-2
1. siswa
dapat mengidentifikasi frasa dan ungkapan dalam kalimat berdasarkan
kelas/kategorinya serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya.
2. Siswa
dapat mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk kata/frasa tertentu yang
terdapat dalam suatu teks secara meluas dan mendalam.
3. Siswa
dapat mengidentifiksi frasa atau kalimat yang perlu dipersoalkan
kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
dan kaidah atau kelaziman secara meluas dan mendalam.
B.
Materi
Pokok Pembelajaran
·
KBBI
·
Kamus Idiom, Kamus Sinonim-Antonim
·
Karya Sastra dalam bentuk yang beragam
·
Lirik lagu
·
Tarigan, H.G. (1985) Pengajaran Semantik.
C.
Metode
Pembelajaran
·
Tanya jawab
·
Penugasan
·
Diskusi
D.
Strategi
dan Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1. Pendahuluan
a. Salam pembuka; doa; presensi
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang
diterapkan
c. Penegasan guru tentang pentingnya menggunakan bahasa
secara cermat dalam dunia kerja sehingga tidak muncul kalimat-kalimat salah
yang memalukan.
2. Kegiatan
Inti Pembelajaran
a. Kegiatan
Eksplorasi
1) Siswa membaca penjelasan tentang kelas kata, bentuk kata,
macam-macam makna, penggunaan kamus, dan kaidah penyerapan kata asing.
2) Siswa membaca berbagai teks (narasi, deskripsi, dan
argumentasi) secara mendalam
b. Elaborasi
1) Siswa
mengelompokkan kata berdasarkan bentuk dan kategori/kelasnya serta
menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya
2) Siswa menerapkan kaidah penyerapan kata asing ke dalam
bahasa Indonesia secara meluas dan mendalam
3) Siswa
mengidentifikasi frasa dan ungkapan secara meluas dan mendalam dalam
kalimat berdasarkan kelas/kategorinya, menjelaskan maknanya, serta menggunakannya dalam kalimat sesuai
dengan maknanya.
4) Siswa mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk
menggantikan kata/frasa tertentu yang terdapat dalam suatu teks secara meluas.
5) Siswa mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki
sinonim lalu mencari sinonimnya serta mengidentifikasi perbedaan nuansa makna
atau kolokasinya secara meluas dan mendalam.
6) Siswa mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki
antonim dalam teks bacaan lalu mencari antonimnya secara mendalam.
7) Siswa mengidentifikasi kata bentukan (termasuk bentuk
kata baru) yang dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak)
berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah serta kelaziman secara meluas dan
mendalam.
c. Konfirmasi
1) Tanya jawab tentang kesulitan siswa
2) Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan
(reinforcement)
3. Kegiatan
Penutup
a. Komentar siswa tentang manfaat yang diperoleh dari modul
yang baru saja dipelajari
b. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami
kategori dan makna kata/ frasa/ungkapan dalam menghasilkan kalimat-kalimat yang
berterima.
c. Informasi pembelajaran lanjut
d. Doa penutup
Pertemuan ke-2
1. Pendahuluan
a. Salam pembuka; Doa; Presensi
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang
diterapkan
c. Penegasan guru tentang pentingnya menggunakan bahasa
secara cermat dalam dunia kerja sehingga tidak muncul kalimat-kalimat salah
yang memalukan.
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1) Siswa membaca berbagai teks (narasi, deskripsi, dan
argumentasi) secara mendalam
2) Siswa mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk
menggantikan kata/frasa tertentu yang terdapat dalam suatu teks.
b. Elaborasi
1) Siswa
mengidentifikasi frasa dan ungkapan dalam kalimat berdasarkan
kelas/kategorinya, menjelaskan maknanya,
serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya secara meluas
dan mendalam.
2) Siswa mengidentifikasi frasa atau kalimat
yang perlu dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ ditolak) berdasarkan
paradigma atau analogi dan kaidah atau kelaziman secara meluas dan mendalam.
c. Konfirmasi
1) Tanya jawab tentang kesulitan siswa
2)
Siswa
menjawab pertanyaan penguatan (reinforcement)
3. Kegiatan
Penutup
a. Komentar siswa tentang modul yang baru saja dipelajari
b.
Penegsan
guru tentang pentingnya kemampuan mengkritisi bentuk-bentuk kata/frasa
berdasarkan kaidah/analogi dan kelaziman untuk pembinaan bahasa Indonesia pada
masa-masa mendatang.
c. Informasi rencana evaluasi
d. Doa
penutup
E. Sumber/ Media
·
Kamus Besar Bahasa Indonesia
·
Modul materi terkait
F.
Penilaian
1. Teknik : Tes unjuk kerja
2. Bentuk
instrumen : Uji petik kerja
3. Contoh
instrumen
Wacana (Eksposisi)
Ramuan Jamu
Pengusir Bau Kotoran Ternak (2)
Untuk membuat
ramuan jamu pengusir bau kotoran ternak, Ny. Onah Lasmanah (36 tahun) yang
alumnus SMA PGRI Banjar jurusan IPA ini merebus beragam limbah empon-empon dan
melakukan fermentasi dengan mikroba. Prosesnya adalah sebagai berikut:
(1) Mula-mula
30 liter air dididihkan dalam kuali dari tanah.
(2) Setelah
air mendidih, beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan, sembung, adas
pulosari, dan sirih dimasukkan ke dalam kuali itu.
(3) Air terus
dipanaskan hingga 8 jam agar kematangannya sempurna. Jamu yang kurang matang
bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
(4) Setelah 8
jam, air rebusan dalam kuali itu diangkat dari atas api, lalu didinginkan.
Setelah dingin, air disaring.
(5) Air
rebusan yang telah dingin dan siap difermentasi itu disimpan dalam ember
tertutup. Dalam proses ini ada penambahan mikroba, air tape, madu (yang
mengandung biostarter), dan air limbah cucian beras. Proses fermentasi
berlangsung hingga 8 hari. …
Koran Tempo, 19
April 2005, h. 8, diambil secukupnya dengan perubahan.
SOAL
A. Amatilah dua bagian yang bergaris bawah
pada kalimat berikut ini, lalu tentukan mana yang berisi kesalahan, baik isi,
kaidah, maupun ejaan, lalu pilihlah opsi
yang merupakan pembetulannya.
1.
Pertama,
masukan 30 liter air ke dalam kuali dari tanah, lalu dididihkan.
a.
masukkan c. kedalam kuali dari tanah
b.
masuk d. ke dalam tanah yang dibuat kuali
2. Beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan,
sembung, adas pulosari, dan sirih dimasukkan
ke dalam kuali itu sampai air mendidih.
a. kedalam c. hingga air mendidih
b. ke d. setelah air mendidih
3. Air terus dipanaskan hingga 8 jam agar
supaya kematangannya sempurna.
a.
agar supaya matang sempurna
b.
agar kematangannya sempurna
Jamu yang kurang matang bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
c.
terpengaruh
d.
berpengaruh
B. Carilah antonim dari kata: pengusir,
dipanaskan, matang, penambahan, anaerob
C.
Carilah kata bentukan yang bernosi: hasil (2 buah) , proses (2 buah) ,
dan alat (1 buah)
Prosedur Penilaian
1. Pretest : awal pelajaran
2. Proses : penilaian pada saat proses belajar
3. Posttes : penilaian setelah pembelajran
Penilaian Proses
·
Mengamati kreativitas siswa dan sikap
siswa dalam proses belajar mengajar.
Penilaian Akhir
·
Soal pilihan ganda
·
Soal uraian
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Siti Makrifah
NIP. 19620109 199103 2 005
|
Kebumen, Juli 2012
Mahasiswa
PPL
Dwi Setiyaningsih
NIM. 092110133
|
Wacana (Eksposisi)
Ramuan Jamu
Pengusir Bau Kotoran Ternak (2)
Untuk membuat
ramuan jamu pengusir bau kotoran ternak, Ny. Onah Lasmanah (36 tahun) yang
alumnus SMA PGRI Banjar jurusan IPA ini merebus beragam limbah empon-empon dan
melakukan fermentasi dengan mikroba. Prosesnya adalah sebagai berikut:
(1) Mula-mula
30 liter air dididihkan dalam kuali dari tanah.
(2) Setelah
air mendidih, beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan, sembung, adas
pulosari, dan sirih dimasukkan ke dalam kuali itu.
(3) Air terus
dipanaskan hingga 8 jam agar kematangannya sempurna. Jamu yang kurang matang
bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
(4) Setelah 8
jam, air rebusan dalam kuali itu diangkat dari atas api, lalu didinginkan.
Setelah dingin, air disaring.
(5) Air
rebusan yang telah dingin dan siap difermentasi itu disimpan dalam ember
tertutup. Dalam proses ini ada penambahan mikroba, air tape, madu (yang
mengandung biostarter), dan air limbah cucian beras. Proses fermentasi
berlangsung hingga 8 hari. …
Koran Tempo, 19
April 2005, h. 8, diambil secukupnya dengan perubahan.
SOAL
B. Amatilah dua bagian yang bergaris bawah
pada kalimat berikut ini, lalu tentukan mana yang berisi kesalahan, baik isi,
kaidah, maupun ejaan, lalu pilihlah opsi
yang merupakan pembetulannya.
2.
Pertama,
masukan 30 liter air ke dalam kuali dari tanah, lalu dididihkan.
a.
masukkan c. kedalam kuali dari tanah
b.
masuk d. ke dalam tanah yang dibuat kuali
2. Beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan,
sembung, adas pulosari, dan sirih dimasukkan
ke dalam kuali itu sampai air mendidih.
a. kedalam c. hingga air mendidih
b. ke d. setelah air mendidih
3. Air terus dipanaskan hingga 8 jam agar
supaya kematangannya sempurna.
a.
agar supaya matang sempurna
b.
agar kematangannya sempurna
Jamu yang kurang matang bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
c.
terpengaruh
d.
berpengaruh
B. Carilah antonim dari kata: pengusir,
dipanaskan, matang, penambahan, anaerob
C.
Carilah kata bentukan yang bernosi: hasil (2 buah) , proses (2 buah) ,
dan alat (1 buah)